dampak-negatif-alkohol

Selalu ada dampak negatif jika Anda mengonsumsi minuman alkohol berlebihan. Sebuah studi baru mengungkapkan orang dewasa muda yang secara teratur mengonsumsi minuman alkohol cenderung mengalami peningkatan tekanan darah dan bisa berakhir dengan tekanan darah tinggi.

” Peneliti menemukan bahwa tekanan darah sistolik (angka atas dalam tekanan membaca darah) adalah 2,6 hingga 4 poin lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang jarang pesta minuman alkohol. Hal ini cukup untuk menempatkan mereka pada tahap awal dari tekanan darah tinggi,” kata peneliti senior, Dr. Jennifer O’Loughlin, seperti dilansir laman Health.

Menurut O’Loughlin, temuan itu menunjukkan bahwa satu dari empat orang dewasa muda yang pesta minuman memenuhi kriteria untuk prehipertensi.

“Kondisi ini bisa berkembang menjadi hipertensi yang pada gilirannya bisa menyebabkan penyakit jantung dan kematian dini,” jelas O’Loughlin.

Pesta minum didefinisikan sebagai lima atau lebih minuman beralkohol yang dikonsumsi. Penelitian sebelumnya di Kanada dan Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa sekitar empat dari 10 orang dewasa muda yang berusia 18 tahun -24 tahun adalah mereka yang suka minum minuman alkohol.

Penelitian sebelumnya juga telah mengaitkan alkohol untuk tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang khas di kalangan dewasa muda adalah sekitar 104 sistolik, yang mewakili tekanan di arteri saat jantung berdetak. Prehipertensi yang merupakan tahap peringatan tekanan darah tinggi adalah 120-139 sistolik. Orang dengan 140 sistolik atau lebih memiliki tekanan darah tinggi yang full/penuh. (jpnn.com)