Bolshoi-Theater-Doodle

Apabila Anda membuka laman mesin pencari Google hari ini, hal yang pertama terlihat adalah doodle alias gambar logo Google yang menyerupai teater dan di situ tertulis “Ulang Tahun ke-240 Yayasan Bolshoi Theater”. Pertanyaannya, apa itu Bolshoi Theater?

Tentu orang Indonesia awam dengan teater atau tempat melihat pertunjukan opera atau balet satu ini, sebab Bolshoi Theater ada di Rusia. Teater raksasa ini berdiri pusat Moscow, tepatnya dekat Kremlin.

Alasan mengapa Google membuat doodle spesial untuk Bolshoi Theater adalah sejarah panjang dari teater yang kini menjadi salah satu yayasan balet terbesar di dunia. Ya, Bolshoi mempunyai sekitar 220 penari balet yang melakukan pertunjukan di teater itu.

Sejarah berdirinya Bolshoi dimulai tahun 1773 lalu. Ketika itu Bolshoi masih berupa sekolah tari bagi anak-anak panti asuhan di Moscow. Kemudian pada tahun 1776, Ratu Catherina II mengizinkan Pangeran Pyotr untuk membuat pertunjukan teater.

Sayangnya, tak lama berselang teater ini terbakar dan baru selesai dibangun lagi tahun 1825. Ironisnya, kemudian Bolshoi Theater sekali lagi terbakar dan baru dibuka lagi tahun 1856. Di tahun ini pula sekolah tari Bolshoi akhirnya bergabung dengan Bolshoi Theater.

Selang 150 tahun setelahnya, bangunan teater ini cukup tidak terurus, bahkan terancam roboh. Baru di tahun 2005 pemerintah Moscow memulai renovasi bernilai 400 juta poundsterling yang berakhir tahun 2011 lalu.

Selama ratusan tahun berdiri, teater ini melahirkan banyak sosok-sosok berbakat seperti penari balet Igor Moiseyev dan Yuri Grigorovich, serta komposer legendaris Dmitri Shostakovich dan Aram Khachaturian. (merdeka.com)